Mengenal Web Lebih Dekat

Di-posting pada 2018-10-31 23:40:58
Oleh Isa Mujahid Darussalam dan Avisenna Abimanyu, Category : Web

Infografis Web

Sebagai generasi milenial yang lekat dengan internet, ada baiknya kita mengenal lebih dalam tentang bagaimana suatu web bekerja dan ada apa dibaliknya. Seperti kata pepatah “Tak kenal maka tak sayang”. Di artikel ini, akan dipaparkan secara singkat mengenai sejarah www dan tentang web secara umum.

Pada mulanya, internet digunakan sebatas untuk kepentingan militer saja. Baru kemudian pada tahun 1990 Berners-Lee, teknisi perangkat lunak di CERN, sukses menciptakan 3 fundamental utama dalam dunia web yang kita kenal sampai sekarang yaitu HTML (Hypertext Markup Language), URI (Uniform Resource Identifier) yang kemudian dikenal dengan sebutan URL, dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Ia sekaligus menciptakan editor web dan peramban pertama yaitu “WorldWideWeb.app”. Lalu pada tahun 1991, ciptaan Berners-Lee mulai dapat dimanfaatkan dan dikembangkan di luar CERN. Setelah itu, mulai muncul peramban-peramban baru berbasis GUI (Graphical User Interface). Kedigdayaan Microsoft sekaligus mempercepat popularitas dari internet dalam bentuk www berkat peramban Internet Explorer sebagai aplikasi pre-installed. Pada titik ini, web mulai memasuki kehidupan manusia secara luas.

World Wide Web dapat diartikan sebagai serangkaian halaman-halaman pada internet (web) yang berisi informasi-informasi mengenai dunia luas (world wide). Untuk dapat mengakses www, diperlukan suatu browser. Cara kerjanya dapat dibagi menjadi beberapa langkah. Langkah pertama, user memberikan masukan kepada browser mengenai web apa yang akan dikunjungi. Sebagai contoh, www.google.com. Langkah kedua, browser kemudian perlu melewati firewall atau proxy (pengaman dari sisi pengguna/ISP). Langkah ketiga, browser menanyakan IP dari google melalui DNS Server.  Langkah keempat, browserlalu menuju alamat IP tersebut dan menemui sekumpulan website pada alamat itu (karena umumnya beberapa website disajikan dalam satu server). Langkah kelima, browsermemasuki ruang, misalnya “google.com”, pada hosting server, dan meminta konten yang akan ditampilkan ke pengguna. Langkah terakhir, konten kembali dikirimkan ke pengguna dan browser menampilkan konten tersebut.

Langkah tersebut adalah gambaran secara umum dan singkat mengenai bagaimana cara kerja dari browser menampilkan informasi dari www. Langkah yang sebenarnya tidak sesederhana itu, karena web merupakan kumpulan dokumen yang masif.